Selasa, 02 Oktober 2012

Pelatihan Advokasi dan Rapat Koordinasi Wilayah FSP2KI Sumatera Selatan


Pelatihan dan Rakorwil FSP2KI Sumsel (Foto: Fb Ikhsan P)
10-11 September 2012 bertempat di Hotel Nayora Prabumulih, FSP2KI Wilayah Sumatera Selatan mengadakan kegiatan Pelatihan dan Rapat Koordinasi Wilayah FSP2KI Sumatera Selatan.  

Kegiatan ini diawali dengan pelatihan advokasi baik dari segi hukum maupun aksi dengan narasumber Bambang (Menteri Hukum DPP KSN) dan Khamid Istakhori. Melalui pelatihan ini peserta dibekali dengan kemampuan teknis hukum perburuhan, strategi advokasi dan persiapan aksi yang efektif dalam rangka memberikan advokasi yang dilakukan serikat pekerja.

Setelah pelatihan kegiatan dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Wilayah Sumatera Selatan yang dipimpin oleh Hamdani (Plt. Presiden FSP2KI) dan M. Ikhsan Prajarani (Koordinator Wilayah Sumatera Selatan). Pada diskusi dalam rapat ini dieksplorasi masalah-masalah nasional perburuhan, masalah di wilayah Sumatera Selatan dan masalah-masalah yang terjadi pada serikat pekerja yang ada di Sumatera Selatan.

Beberapa masalah yang dominan adalah adanya PHK masal ratusan pekerja PT. Musi Hutan Persada, isu efisiensi yang berdampak pada pengurangan karyawan di PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT. TeL), perubahan jadwal kerja yang mengakibatkan berkurangnnya penghasilan pekerja Security PT. Tangkas (Kontraktor  PT. TeL) sampai Rp. 400.000 dan akan berakhirnya kontrak kerja PT. Truba Jaya Engineering (kontraktor PT. TeL) yang dapat mengakibatkan putusnya hubungan kerja bagi pekerja.

Kegiatan ini dihadiri oleh:
  1. Serikat Pekerja PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper
  2. Serikat Pekerja Karyawan Truba
  3. Serikat Pekerja Security PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper
  4. Serikat Pekerja Demokratis PT. Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry
  5. Serikat Pekerja Riaupulp
  6. Serikat Buruh Bersatu Muara Enim PT. Musi Hutan Persada
  7. Serikat Pekerja Kehutanan PT. Musi Hutan Persada
  8. Pimpinan Pusat dan Wilayah FSP2KI (Federasi Serikat Pekerja Pulp dan Kertas Indonesia)
  9. Dewan Pimpinan Pusat dan Wilayah KSN (Konfederasi Serikat Nasional) 
Kegiatan ini menghasilkan masukan dan program bagi penguatan organisasi dan komitmen untuk bersama-sama memajukan serikat serta mengatasi permasalahan dengan prinsip interitas dan solidaritas. 

Sumber: www.fsp2ki.org